• 客服电话

    • +62 21 8062 7092
    • +62 815 8680 1888
    • 服务时间

    • 周一至周五 9:00-18:00
    • 微信二维码

千岛企服最新发布: 印尼移民局的签证政策又有变化?可以这样应对

免责条款:本译文纯属个人交流,所有实施方案请以印尼官方为准!

千岛企服最新发布: 印尼移民局的签证政策又有变化?(7号文件的补充)

按语:基于印尼司法部7号文件,3月6日印尼移民局针对疫情情况下,针对中国,韩国,伊朗和意大利四国出台了签证受理办法的补充,该办法与7号文件的的政策有所不同,具体来说:

最新: 3月1号起印尼的签证政策终于出炉啦(中文印尼文对照)

中国驻印尼使馆针对7号文件的解读

3月3日的政策允许在中国的印尼使领馆提交居住证明、核酸检测证明和入境印尼自愿隔离14天声明的前提下办理访问签证和居留签证,但是根据3月6日移民局的受理办法,中国的印尼使领馆将无法受理签证申请。

针对已经持有签证的中国护照持有者,如果目前的签证有效期即将到期,也可以申请延期。(一般印尼访问签证和居留签证在入境印尼之前都有90天的有效期).

中国公民仍然可以在第三国”有条件“的申请印尼的访问签证(211, 212), 或者居留签证(312,314,315,316,317)

印尼移民局签证受理办法翻译(节选)
5.1 略

5.2 条

5.2.1针对中国,韩国,意大利和伊朗

a) 拒绝在十四天之内曾经到过上述四国的外籍人士申请访问签证和居留签证;
原文:Menolak semua permohonan Visa Kunjungan dan VisaTinggal Terbatas kepada Orang Asing yang pemah berada dan/atau berkunjung diWilayah RRT, Korea Selatan, Italia dan Iran dalam kurun waktu 14 (empat belas)hari terakhir.

b) 凡在中国的持有Kitas的外籍人士,如果kitas上的入境许可已经到期,则紧急单次准入证,提供以下资料:
i. 英文版的核酸检测;
ii. 入境印尼自愿隔离14天的声明,或者在第三国非疫区中转14天;
原文:Memberikan Izin Masuk Kembali dalam keadaan terpaksa secara manual yangberlaku 1 (satu) kali perjalanan, kepada Orang Asing yang berkunjung ke WilayahRRT pemegang Izin Tinggal Tetap yang Izin Masuk Kembalinya habis masa berlakudengan melampirkan:
i. surat keterangan sehat yang menyatakan bebas VirusCorona (Covid-19) dari otoritas kesehatan negara setempat dalam bahasa Inggris;dan
ii. pernyataan bersedia untuk masuk karantina selama 14(empat belas) hari yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia atau singgah / transit 14 (empatbelas) hari di Negara lain yang tidak terjangkit Virus Corona (Covid-19)sebelum masuk wilayah Republik Indonesia.

c) 针对签证有效期已经到期的外籍护照持有者,则给予延期;
原文:Memberikan catatan pengesahan penambahan masa berlaku visa pada paspor orang asing yangmasa berlaku visanya telah habis.

d) C条的签证指的是2月5日之前90天之内颁发的签证;
原文:Pemberiancatatan pengesahan penambahan masa berlaku visa sebagaimana dimaksud pada hurufc) diberikan hanya bagi visa yang dikeluarkan 90 (sembilan puluh) hari sebelumtanggal 5 Februari 2020.

5.2.2 在中国,韩国,意大利和伊朗,这四个国家之外的地区;
根据7号文件的相关规定,针对中国、韩国、意大利、伊朗这四个国家的公民在满足“核酸检测健康证明”,”在第三国停留14天”和”入境印尼自愿隔离14天声明”的前提下,可以在第三国的印尼使领馆申请访问签证和居留签证。
原文:Dalam hal Warga Negara RRT, Korea Selatan,Italia dan Iran mengajukan permohonan Visa Kunjungan dan Visa Tinggal Terbataspada Perwakilan Rl di luar Negara RRT, Korea Selatan, Italia dan Iran, tetapdapat dilayani sepanjang memenuhi persyaratan sebagaimana diatur pada pasal 3ayat (3) Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 7 Tahun 2020, dengan memperhatikan data WHO yang menyatakan sebagian besar negara telahterjangkit Virus Corona (Covid-19)

5.3 印尼移民局官员在入境关卡可以:
5.3.1 针对持有访问签证,和居留签证的四国之内或者四国之外的外国人,给予准入证 Tanda Masuk;
原文:Memberikan tanda masuk kepada orang asing pemegang Visa Kunjungan, Visa Tinggal Terbatas, Visa TinggalTerbatas Saat Kedatangan dan Izin Masuk Kembali, baik yang dikeluarkan olehPerwakilan Indonesia di RRT, Korea SeIatan, Italia dan Iran atau olehPerwakilan Indonesia di luar 4 (empat) negara tersebut setelah mendapatpersetujuan dari pejabat Karantina Kesehatan.

5.3.2 针对从中国出发的持有APEC的外籍人员,在提供核酸检测证明和检疫官员同意的前提下,给予准入证 Tanda Masuk;
原文:Memberikan tanda masuk kepada orang asingPemegang APEC Bussines Travel Card (ABTC) yang datang dari RRT, setelah:
a) menunjukan surat keterangan sehat yangmenyatakan bebas virus corona dari otoritas kesehatan negara setempat dalambahasa Inggris;
b) mendapatpersetujuan dari pejabat Karantina Kesehatan.

5.3.3 针对从第三国出发的四国国民,在考虑其已经在非疫区第三国停留14天的情况下,给予准入证;
原文:Memberikan tanda masuk kepada Warga Negara RRT, Iran, Italia dan KoreaSelatan yang datang dari luar negaranya, dengan pertimbangan yang bersangkutantelah tinggal di luar Negara RRT, Iran, Italia dan Korea Selatan yang tidakterjangkit/terpapar Virus Corona (Covid-19) untuk transit lebih dari kurunwaktu 14 (empat belas) hari terakhir.

5.3.4 针对来自四国的外交居留许可,公务居留许可的人员,在出示核酸检测证明后,给予准入证;
原文:Memberikan tanda masuk kepada orang asingpemegang Izin Tinggal diplomatik dan Izin Tinggal dinas dari RRT, KoreaSelatan, Italia dan Iran setelah menunjukkan surat keterangan sehat yangmenyatakan bebas virus corona (Covid-19).

5.3.5 针对四国的外交居留许可,公务居留许可的人员,在相应许可已经到期的情况下,出示外交官证或者公务人员证,以及核酸检测证明,则给予手写的准入证(Segi Enam);
原文:Memberikan tanda masuk manual (segi enam) kepadaorang asing pemegang Izin Tinggal diplomatik atau Izin Tinggal dinas dari RRT,Korea Selatan, Italia dan Iran yang telah habis masa berlakunya denganmenunjukan kartu diplomatik atau kartu tanda pengenal bertugas pada Perwakilanasing di Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Rl dan suratketerangan sehat yang menyatakan bebas Virus Corona (Covid-19).

5.3.6 针对从四国出发的人员,如果无法提供提供登机牌和核酸检测证明,则护照上必须显示四国出发地盖章,同时禁止通过自动关卡入境印尼;
原文:Menolak masuk orang asing yang keluar dariwilayah RRT, Iran, Italia dan Korea Selatan melalui autogate dan tidak terteracap keberangkatan pada paspor kebangsaan / dokumenperjalanan yang sah dan masih berlaku, kecuali dapat menunjukan alat pendukungberupa: Boarding Pass saat meninggalkan wilayah RRT, Korea Selatan,Italia dan Iran, serta surat keterangan sehat yang menyatakan bebas viruscorona (Covid-19) dari otoritas kesehatan negara setempat dalam bahasa Inggris.

5.3.7 针对第六条的情况,如果在14天之内到过四国的机组人员,禁止入境;
原文:Penolakan masuk terhadap orang asing sebagaimanadimaksud pada angka 6) tersebut diatas berlaku bagi crew yang melakukanpenerbangan lanjutan dari RRT, Korea Selatan, Italia dan Iran dan terbuktipernah berada dan/atau berkunjung di Wilayah RRT, Korea Selatan, Italia danIran dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari.

5.3.8. 拒绝入境的相关执行根据2015年44号条例进行;
原文:Penolakan pemberian tanda masuk bagi orang asingke wilayah Indonesia dilaksanakan dengan berpedoman pada Peraturan MenteriHukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Tata Cara PemeriksaanMasuk dan Keluar Wilayah Indonesia di Tempat Pemeriksaan Imigrasi.

5.4 针对移民局官员
5.4.1 针对下列人员给予紧急停留许可;
a. 中国公民,以及中国公民丈夫、妻子或者儿女
i. 申请函;
ii. 护照;
iii, 有效签证或者居留许可;
原文:Pemberian Izin Tinggal keadaan terpaksa
Menerima permohonan Izin Tinggal keadaanterpaksa dengan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak Rp0,00 (nol rupiah) dariwarga negara RRT, orang asing pemegang Izin Tinggal di negara RRT, atau suamiatau isteri atau anak dari warga negara RRT dengan melampirkan persyaratan:
i. Surat permohonan dari penjamin;
ii. Paspor kebangsaan atau dokumen perjalanan yangsah dan masih berlaku;
iii. Visa; dan/atau
iv. Izin Tinggal yang dimiliki.

5.4.2 紧急停留许可通过移民局系统Simkim受理。
原文:Meneruskanpermohonan Izin Tinggal keadaan terpaksa sebagaimana dimaksud pada angka 1)huruf a) kepada Direktur Jenderal Imigrasi melalui Sistem Informasi ManajemenKeimigrasian (Simkim) dan menyampaikan tembusan Kepala Kantor WilayahKementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia U.p. Kepala Divisi Keimigrasian.

5.4.3 如果不能通过Simkim系统受理,则通过邮件系统受理;
原文:Meneruskan permohonan Izin Tinggal keadaanterpaksa melaui surat elektronik (e-mail) dalam hal tidak dapatdilaksanakan melalui Simkim.

5.4.4 紧急停留许可每次30天有效期,可以续期;
原文:Memberikan IzinTinggal keadaan terpaksa berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Imigrasi untukjangka waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari dan dapat diperpanjang palinglama 30 (tiga puluh) hari untuk setiap kali perpanjangan selama masih terjadiwabah Virus Corona (Covid-19).

5.4.5 如果外籍护照出现滞期,则按照要求缴纳滞期费;
原文:Mengenakan biaya beban sesuai dengan ketentuanperaturan perundang- undangan bagi orang asing pemohon Izin Tinggal keadaanterpaksa yang tinggal di Indonesia melampaui masa berlaku izin Tinggal nya.

5.4.6 紧急停留许可不适用于工作;
原文:Memastikanpemegang Izin Tinggal keadaan terpaksa tidak melakukan kegiatan bekerja.

5.5 针对在中国的居留许可持有者。

原文:5.5.1 可以在本人不出席的情况下,在中国的印尼使领馆延期居留许可;
Memberikanperpanjangan Itas atau Itap bagi warga Negara RRT dan orang asing pemegang Itasatau Itap yang berada di negara RRT yang telah habis masa berlakunya tan pakehadiran yang bersangkutan di Kantor Imigrasi setempat setelah mendapatkanrekomendasi atau notifikasi dari instansi yang berwenang.

5.5.2 居留许可的延期根据2014年27号条例要求,可由担保人提出申请;
原文:Memberikan perpanjangan Itas atau Itapsebagaimana dimaksud pada huruf a), diajukan oleh penjamin sebagaimana diaturdalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 27 Tahun 2014 tentangProsedur Teknis Pemberian, Perpanjangan, Penolakan, Pembatalan dan BerakhirnyaIzin Tinggal Kunjungan, Izin Tinggal Terbatas, dan Izin Tinggal Tetap SertaPengecualian Dari Kewajiban Memiliki Izin Tinggal.

5.5.3 照片和指纹可以从Simkim系统中调取;
原文:Perekaman biometrik (foto dan sidik jari) dengancara mengambil dari rekaman yang ada pada database Simkim.

5.5.4 居留许可的延期从之前的到期之日算起;
原文:Memberikan perpanjangan Itas atau Itapsebagaimana dimaksud pada huruf a) dengan masa berlaku dihitung sejakberakhirnya Itas atau Itap sebelumnya.

5.5.5 在当事人进入印尼后,再到移民局进行备案盖章。
原文:Melakukan peneraan cap Itas atau Itap padapaspor kebangsaan setelah yang bersangkutan berada di Indonesia.

结束

免责条款:本译文纯属个人交流,所有实施要求请以印尼官方为准!

应对之策
印尼移民局上述签证受理办法,具体要等3月9日或者10日印尼驻中国使领馆的官方解读。

根据上述政策,针对没有有效签证的中国护照持有者,最优选择可能是在泰国曼谷待满14天以上,在曼谷的医院进行核酸检测,检测需带护照和入境卡用于核对 。

关于曼谷医院做covid-19检测的更新:

部分医院调整了检测套餐,剥离了核酸检测和ct部分,只进行咽试子的检测和常规检测,费用降低很多。目前医院的检测费用是6100-6500泰铢,约人民币1400;

如果咽试子检测呈阳性,需要送定点医院隔离并进行核酸和ct检测进行确诊,如果呈阴性,即出检测报告,Covid-19呈阴性,报告可用于申请印尼签证;

客户需自行前往医院进行检测,一般3天出报告,提前合理安排时间;

2020年3月8日 19:20
浏览量:0
收藏